PENGRAJIN DRUMBAND JOGJA

Selamat malam sahabat Mandiri drumband jogja , semoga kabar baik selalu menyertai kalian semua, oke disini mandiri drumband jogja mau berbagi pengalaman dan sedikit informasi kepada kalian semua gimana sih merawat alat drumband, alat drumband yang dirawat dengan baik tentunya akan menambah panjang usia dari alat itu sendiri.
yang perlu disiapkan adalah sarana dan prasarana yang harus disiapkan, yaitu rak dan kain yang bersih.
berikut tip yang harus dilakukan untuk merawat alat drumband, terutama alat tiup;
1. alat drumband diletakkan di rak yang telah disediakan, jangan menyimpan alat drumband di lantai, karena alat akan lembab dan menimbulkan jamur.
2. usahakan suhu ruang yang stabil , artinya tidak lembab dan jangan terlalu panas, ini bisa diketahui dengan memasang termometer ruang ,
3. sehabis pemakain alat drumband dibersihkan dengan kain yang bersih, sehingga tidak ada kotoran ataupun air yang menempel pada alat drumband.
4. alat drumband diusahakan ditempatkan yang jauh dari benda tajam dan rokok misalnya, yang ditakutkan nanti kalo mengenai alat drumband bisa merusak ,
5. tiap lima bulan sekali atau 5 sampai 6 kali pemakain alat drumband di kencangkan atau di stem dengan alat yang disediakan , kalo belom tau cara menyestem alat drumband bisa minta tolong kepada pelatih, tentang bagaimana cara menyestem alat drumband.
6. ikuti intruksi dari pelatih cara memukul alat drumband,
Sedangkan untuk merawat alat tiup seperti terompet, barithone, thrombone dll dibersihkan secara berkala , bahan bahan kimia air liur yang menempel pada alat tiup akan merusak alat , sehingga bisa merusak pula suara yang dihasilkan.

berikut sedikit tip cara merawat alat tiup ;
1, gunakan air hangat ( suam suam kuku ) untuk membersihkan alat terompet. kalo perlu tambah sedikit sabun , lalu lap dengan bersih,
2, bongkar terompet dengan hati hati,
keluarkan klep dan siel bersihkan dengan oli dengan sehelai kain yang halus, bersihkan satu persatu.
3. setelah kering oleskan minyak klep ke masing masing klep,juga pembungkus klep dan juga pada sield. dan yang terakhir dilakuka adalah alirkan air pada moutpiece, dan gunakan sikat untuk membersihkanya, hal yang harus diperhatikan adalah jangan memakai kain kasar  untuk membersihkanya dan air panas karena akan merusak terompet, demikian sedikit tip dari mandiri drumband jogja , semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment